Pernah ga sih kalian berfikir untuk istirahat sejenak dari dunia maya atau sosial media yang kalian miliki? Kalian tahu tidak jika berisitirahat dari dunia maya itu dapat memberika manfaat yang positif dan memberikan efek yang bagus juga untuk kita kedepannya. Yuk mulai kita rehat sementara dari dunia maya untuk mengembalikan pikiran yang sehat kembali dengan cara yang akan dijelaskan dibawah ini.

Rehat Sejenak Dari Media Sosial Akan Mengajarkan Kita Arti dari Kebebasan

Kalian sebelumnya ini sadar tidak sih kalau bermain medsos setiap hari itu akan membuat hati kita menjadi selalu terburu-buru? Pada hal ini itu biasanya banyaknya informasi yang kita terima itu dalam waktu yang cepat. Akibatnya itu aktifitas sehari-hari kita mau tidak mau harus mengimbangi pada kecepatan perkembangan teknologi. Biasanya jika kita suda merasakan seperti ini caba kita evaluasi kembali diri kita denga baik agar tahu gimana kedepannya. Kalian tau tidak berapa rata-rata waktu yang yang kita habisi selama ini untuk bermain sosial media dalam satu hari itu? Satu jam, atau empat jam dalam seharinya atau bahkan lebih dari itu dalam seharinya? Nah maka dari itu mending kita mulai yuk perlahan-lahan untuk mengurangi hal itu. Dari pada waktu yang kita habiskan untuk ngescroll timeline mending kita manfaatkan waktu kita untuk hal yang lebih bermanfaat dan juga menjalankan hal yang lebih menyenangkan lainnya.

Terbebasnya Dari Masa Lalu

Media sosial ini akan menjadi tempat favorit untuk mengunggah foto-foto atau video yang sifatnya momen-momen manis yang pasti nya akan sulit kita lupakan. Tapi bagaimana jika orang-orang yang dalam memori manis itu sudah tidak sama lagi. Yang mana hal ini akan membuat kita sedih atau hal sebagainya. Maka kita harus segera move on. Sekarang itu saatnya kita mulai jauhi hal-hal yang ada momen tersebut pada sosial media.

Akan dekat dengan kehidupan nyata

Terlalu lama tenggelam dengan dunia judi sabung ayam akan membuat kita menjadi selalu berangan angan dan berfikiran yang terlalu jauh. Pada akibatnya ini  kita akan terjebak dalam bayangan bayangan yang semu yang sesungguh nya itu tidak ada atau belum pasti akan terjadi. Maka dari itu cepat pisahkan diri dari dunia maya agar semakin dekat denga dunia nyata yang kita jalani ini. Dalam pengguaan medsos yang wajar akan membuat kita menyadari dunia nyata dan menjalani hidup secara realita.

Memulihkan Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Tidak lah sedikit konten yang kita lihat setiap hari nya dan itu lah yang membuat kita kaget, cemas, dan juga bersedih. Tidak sedikit juga pada akhirnya malah membuat kita setres dan mood kita menjadi berantakan. Yang paling utama itu pulihkan suasana hati kalian terlebih dahulu melalui detoks sosial media dengan cara mencari minat yang baru yang ada di dunia nyata. Kalian harus bangkit dan pulihkan antusias kalian yang baru.

Menjauhkan diri dari kecemasan

Sebenarnya itu tidak ada yang salah dengan bermain media sosial, asalkan kita sendiri dapat mengaturnya dan mempunya kontrol diri yang baik. Sayangnya pada hal ini memang tidaklah mudah dan juga membutuhkan usaha yang sangat ekstra keras. Pada penggunaan sosial media yang tepatakan menjauhkan kalian dari obsesi, kecemasan yang selalu membanding-bandingkan diri kalian dengan orang lain, dan juga tidak mempercayai diri kalian karena sudah merasa tidak sukses.

Manfaat nya jika kalian lepas dari Media Sosial

  • Meningkatkan kebugaran

Rata-rata dari orang dewasa yang tinggal di Inggris menghabiskan rata-rata  8 jam 41 menit melihat ke layar elektronik dalam sehari, lebih banyak dari waktu untuk beristirahat di malam hari.

Padahal dengan waktu yang sepanjang itu ada banyak sekali aktivitas yang dapat kita lakukan misalnya itu seperti berolah raga. Ada beberapa studi yang menyebutkan bahwa olahraga bisa meningkatkan kesehatan metal kalian pada hal ini itu sendiri olahraga lebih baik dibandingkan dengan bermain sosial media.

  • Lebih bahagia dan lebih santai

Ada sebuah studi kasus dari Denmark pada tahun 2015 menemukan bahwa dalam satu minggu tanpa sosial media seperti Facebook meningkatkan sebuah kebahagiaan partisipan. Pada peneliti yang pada saat itu melibatkan 1095 kurang lebih pengguna yang aktif tersebut menjadi dua kelompok yang pertama itu ada bermain media sosial seperti biasa akan melakukan absen sesekali. Maka hasilnya itu kelompok kedua yang mengalami pada penurunan stres kurang lebih sebanyak 55%

Pada awalnya itu, rehat itu sendiri dari media sosial memang menyebabkan kecemasan, depresi, bosan, dan juga bahkan kesepian. Namun, dalam jangka panjang ini para pasitipan merasa akan lebih santai dan dibandingkan pula pada saat menghabiskan waktu secara online.

  • Kepercayaan diri pada diri akan meningkat

Ada sebuah studi kasus lagi yang terjadi pada tahun 2017 yang menggunakan media sosial Instagram menemukan sebuah platform dari berbagai video dan juga foto adalah yang paling banyak merusak citra tubuh, di mana ada banyak sekali para pengguna selalu membanding-bandingkan diri mereka dengan orang lain, dalam hal ini yang mengakibatkan ketidak percayaan dalam diri kita.

Menggunakan Instagram secara teratur dapat mengarahkan kesebuah kerugian untuk kehidupan yata dengan kehidupan secara virtual.

  • Tidur lebih baik

Ada sebuah survei yang dilakukan oleh Bank of Amerika dengan menggunakan kurang lebih 1000 orang yang sudah dewasa di Amerika tidur dekat gawai dengan orang-orang yang mayoritasnya menggunakan alaram. Namun pada hal ini, sebelum tidur melihat gawai tidaklah tidur dengan nyaman. Menurut dari National Sleep Foundation, ada cahaya biru yang dipancarkan dari layar ponsel itu dapat mengganggu pada produksi melation yang ada di dalam tubuh, pada hormon itu adalah hormon yang membantu anda untuk tidur.

  • Meningkatkan lagi hubungan sosial

Pada citra konstan orang lain yang kelihatannya memiliki kehidupan yang lebih baik dapat juga menciptakan situsai yang tidak menyenangkan dan juga dapat menurunkan kualitas hidup pertemanan. Itu kata Austen

Pada hal ini karena pengguna sosial media selalu mencoba untuk terhubung lagi dengan banyak nya orang sekaligus, dan itu yang membuat mereka dikelilingi oleh orang-orang yang ada di dunia maya kekurangan hubungan yang kualitasnya dalam kehidupan nyata.

  • Mengatasi caranya ketakutan dalam ketinggalan berita

Fear of Missing Out atau FOMO adalah sebuah ketakutan karena ketinggalan sebuah berita di dunia maya. Jika kalian tidak bersentuhan langsung dengan dunia maya maka bagaimana cara kalian bisa mengalaminya?

Tidak akan kalian mengalaminya jika anda sibuk melihat hidup yang ada di dunia nyata.

  • Mengurangi asupan pada makan

Ada sebuah studi yang ada di Amerika yang menemukan bahwa salah satu dari tiga orang yang makan sambil gawai. Itu artinya makan kalian akan tidak fokus dan kalian akan ngemi dikemudian pada hal ini biasanya akan yang tinggi nilai kalorinya

Melepaskan diri dari sosial media pasti akan membantu mengurangi jumlah manan yang kita konsumsi dalam tubuh kita karena pada saat itu kita makan dengan teratur dan fokus untuk makan.