Artikel yang satu ini melanjutkan artikel yang sebelumnya, yang mana sedang membahas sisi gelap dark web. Kami akan membahas ulang sedikit artikel yang sebelumnya agar kalian tidak lupa dengan artikel sebelumnya. Halaman-halaman yang ada di dark web tidak akan terindeks sama sekali oleh mesin pencarian seperti Google. Dalam bahasa lainnya, maka kalian perlu sebuah browser yang spesial dan juga kalian harus memiliki pengetahuan apa yang dicari pada saat kalian mengunjungi dark web. Sebagian besar para pengguna internet tidak akan berada di dark web secara reguler. Hal ini sangat masuk akal karena ada beberapa bagian yang tidak aman.

How to Access the Dark Web | HideMyAss Blog

Kalian mungkin pernah mendengar istilah dari dark web. Biasanya akan digambarkan sebagai bagian yang berbahaya dari internet di mana semua bisnis bola tangkas terbaru yang mencurigakan terjadi, mulai dari penjualan narkoba ilegal sampai penyewaan tukang pukul. Beberapa klaim tersebut benar, tapi dark web berisi lebih dari sebatas aktivitas kriminal. Ini juga tempat aman bagi jurnalis dan whistleblowers untuk membagikan cerita mereka, contohnya. Bahkan masyarakat biasa dari negara-negara dengan rezim diktator yang ketat dapat menggunakannya untuk berkomunikasi secara bebas.

 

Apakah Dark Web Legal ?

Jawabannya adalah ya. Dark web dan browser Tor legal di sebagian besar negara. Namun, jika kalian memilih untuk melakukan tindakan yang melanggar hukum di dark web, tentunya hal tersebut termasuk ilegal. Maka, kami menegaskan pentingnya mematuhi peraturan negara tempat kalian berada.

Cara Mengakses Dark Web Dengan Aman dalam 15 tahap

Meskipun begitu, orang-orang sering lupa bahwa dark web dan Tor hanya alat-alat untuk melakukan hak privasi dan kebebasan berpendapat kalian. PBB menetapkan privasi sebagai hak asasi manusia. Artikel-artikel berikut ini mengkonfirmasi hal tersebut:

  • United Nations Declaration of Human Rights (UDHR) 1948
  • International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR) 1966
  • American Convention on Human Rights
  • American Declaration of the Rights and Duties of Man
  • European Convention on Human Rights

 

Apakah kalian Diperbolehkan untuk Browsing Dark Web?

Singkat kata, mengakses dark web tidak ilegal di sebagian besar negara. Ini artinya kalian diperbolehkan untuk browsing situs-situs dark web. Namun, mungkin kalian akan terlihat mencurigakan di mata penegak hukum lokal kalian. Banyak hal ilegal yang dijual di dark web, sehingga sudah jelas, pembelian barang-barang ilegal, seperti narkoba, dilarang. Oleh karena barang-barang ini biasanya hanya tersedia di dark web, siapapun yang menelusuri bagian internet ini dapat membeli barang tersebut. Inilah alasan mengapa pemerintah mungkin akan mencoba untuk mengawasi kalian jika kalian mengakses dark web.

25 Of The Best Technology Websites For Tech Enthusiasts 🤴

Meskipun begitu penggunaan dark web legal di sebagian besar negara, aktivitas dan konten ilegal yang dapat ditemukan di sana membuat dark web menjadi tempat yang mencurigakan. Maka, tempat ini mungkin bagian terbaik dari internet untuk dikunjungi setiap hari jika kalian adalah masyarakat normal yang mematuhi peraturan.

 

Mengapa dan Bagaimana Dark Web Diciptakan?

Dark web tidak diciptakan oleh pelaku kriminal yang menginginkan cara anonim untuk berkomunikasi. Sebenarnya dark web dikembangkan oleh pemerintah AS. Namun bagaimana hal ini bisa terjadi?

 

Komunikasi mata-mata

Agen-agen dari beberapa “agensi tiga huruf” seperti CIA ditempatkan di banyak tempat-tempat yang jauh. Saat itu ada jaringan global berisikan mata-mata Amerika yang mengumpulkan informasi untuk AS. Selama masa 1990an, informasi menjadi hal yang semakin tersedia secara digital dan tidak ada lagi kebutuhan bagi agen-agen untuk mengumpulkan laporan mereka via media seperti radio atau surat. Internet dan teknik-teknik cryptographic yang baru menggantikan media komunikasi yang lama.

This Is How the FBI Will Catch You on the Dark Web - YouTube

Mengingat semua informasi ini tiba-tiba bisa dikirim melalui internet, U.S. Naval Research Laboratory memulai program yang pada akhirnya menjadi Tor (The Onion Router) pada tahun 1995. Dengan Tor, agensi memiliki saluran komunikasi yang terenkripsi dengan agen-agen lapangan mereka.

 

Anonimitas untuk Semua Pihak

Sekitar tahun 1997, proyek ini dilimpahkan ke Defense Advanced Research Project Agency (DARPA), yang setelah itu melimpahkannya ke beberapa kelompok hak sipil. Sekarang, pertanyaannya, mengapa pemerintah memberikan teknik dan jaringan sejenis ini ke kelompok advokasi sipil? Ada beberapa orang yang percaya bahwa Tor tidak pernah sepenuhnya dilepaskan oleh pemerintah AS. Penjelasan lainnya adalah mereka harus membuka jaringan anonim karena semua agen AS harus bisa menggunakan ini dari lokasi manapun di dunia dan kapan saja. Hal ini membuat jaringan rentan infiltrasi, alasan mengapa orang-orang lain bisa mulai menggunakannya.

Lebih dari itu, jika agen intelijen AS akan menggunakan jaringan tersebut, maka tentunya komunikasi apapun yang diambil dari jaringan itu sangatlah berharga. Maka, akan lebih baik untuk membuka jaringan ke banyak orang lainnya supaya komunikasi intelijen tersembunyi di antara komunikasi non-pemerintah lainnya. Dengan begitu, semua orang tetap anonim dan agen AS dapat menggunakan jaringan untuk mengumpulkan laporan mereka.

 

Mengapa Mereka Tidak Menutup Dark Web?

Di saat jaringan Tor semakin tersedia untuk semua orang yang memiliki koneksi internet, semakin banyak juga server yang dipasang di dunia. Maka dari itu jaringannya menjadi tidak terpusatkan. Dengan adanya setiap koneksi baru di negara yang berbeda-beda, yurisdiksi AS akan internet menjadi semakin kecil. Kekuatan dari jaringan bertumpu pada fakta bahwa jaringan ini tidak bisa dimatikan hanya dari satu tempat. Jika kalian mematikannya di Amerika, jaringan yang tersisa tetap akan bekerja.

Menguak 7 Mitos Dark Web, Sebenarnya Apa Aja di Dalamnya?

Selain dari fakta bahwa setiap negara tidak memiliki kemampuan untuk sepenuhnya menutup jaringan, AS juga mendapatkan manfaat dari adanya jaringan bahkan jika menjadi tempat dilakukannya aktivitas ilegal. Jaringan ini masih digunakan sebagai saluran untuk komunikasi tertutup oleh agensi intelijen. Hal ini merupakan salah satu alat terbaik yang dimiliki aktivis politik untuk membocorkan atau mengeluarkan informasi melawan negara otoriter, dan pemerintah AS mendukung penggunaan jenis ini. Baik itu Venezuela atau Iran, Amerika, Amerika senang bahwa orang-orang memiliki Tor sebagai alat untuk melawan rezim-rezim seperti itu. Tentunya, hal ini juga berlaku untuk AS, seperti yang telah ditegaskan dengan adanya Wikileaks and aktivitas whistleblowing oleh Snowden.

 

Pedagang Bermata Dua

Selain itu, dark web juga bisa bermanfaat sekaligus berbahaya. Oleh karena tempat ini bermanfaat untuk banyak hal, pemerintah AS tidak ingin menutupnya. Karena kegunaannya dalam berbagai hal ini, pemerintah AS tidak ingin menutupnya. Bahkan jika ditutup, mereka harus mencoba untuk menutup keseluruhan dark web dan mendapatkan kepatuhan serta kerjasama dari banyak negara lain yang sama sekali tidak tertarik untuk bekerja sama dengan AS.

Tech industry bands together to oppose GCHQ snooping | IT PRO

Hal yang dapat dilakukan oleh otoritas nasional adalah bekerjasama untuk menutup situs-situs tertentu dan memastikan bahwa pemilik, administrator, dan pengguna dari situs tersebut bertanggung jawab. Sering kali saat sebuah situs di dark web berhasil ditutup berkat kerjasama beberapa agensi. Contohnya, jika Departemen Kehakiman AS ingin menutup pasar gelap di Belanda yang menjual marijuana, maka hal ini akan membutuhkan kerjasama dengan aparat kepolisian Belanda, Europol, dan kemungkinan beberapa agensi serta otoritas lainnya. Gambar di bawah ini menunjukan sejumlah agensi yang terlibat dalam menutup 1 pasar gelap.